Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Cepat Jakarta-Surabaya akan Gunakan Tenaga Listrik

Kompas.com - 23/12/2016, 21:08 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan kereta api Jakarta-Surabaya bakal menggunakan tenaga listrik.

Hal itu diputuskan setelah Kementerian Perhubungan dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan kajian awal dalam proyek kereta api Jakarta-Surabaya.

"Sudah diputuskan untuk memakai tenaga listrik, tidak diesel," ujar Luhut dalam media briefing di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Jumat (23/12/2016).

Luhut mengungkapkan, kecepatan kereta api Jakarta-Surabaya diperkirakan mencapai 160 kilometer per jam. Untuk studi kelaikan atau feasibilty study akan dikerjakan oleh BPPT, PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan pihak Jepang.

"Dengan kecepatan itu kira-kira 5 jam perjalan dari Jakarta ke Surabaya," tandasnya.

Sekadar informasi, saat ini pemerintah sedang merencanakan proyek kereta Jakarta - Surabaya. Proyek tersebut dimaksudkan untuk mempercepat waktu tempuh perjalanan di antara dua wilayah tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com