Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna KRL Naik 10 Persen pada Akhir Pekan Libur Natal 2016

Kompas.com - 26/12/2016, 17:15 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mencatat jumlah pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek pada akhir pekan libur Natal 2016 mencapai 690.000 sampai 720.000 penumpang.

Jumlah itu naik 10 persen dibandingkan akhir pekan biasa yang jumlahnya berkisar 650.000 sampai 700.000 penumpang.

VP Komunikasi KAI Commuter Jabodetabek Eva Chairunisa mengatakan, perusahan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang ingin bepergian di wilayah Jabodetabek pada musim liburan di akhir tahun 2016 ini.

Dalam musim libur akhir tahun ini, terang Eva, tidak ada pengurangan jumlah perjalanan KRL. Menurut dia, KCJ tetap mengoperasikan 881 perjalanan setiap harinya.  

"Untuk memastikan semua pelayanan berjalan dengan baik pada musim libur, PT KCJ juga menambah jumlah petugas pelayanan, keamanan, dan kebersihan di sejumlah stasiun seperti Bogor, Manggarai, Juanda, dan Jakarta Kota yang kerap dipadati pengguna musiman," ujar Eva dalam keterangan tertulis yang diterima, Jakarta, Senin (26/12/2016).

"Jajaran manajemen PT KCJ pun terjun langsung ke lapangan dengan adanya kegiatan Pos Koordinasi (Posko) di sejumlah stasiun hingga 8 Januari 2017," lanjut Eva.

Eva pun menyarankan, agar pengguna KRL memakai Kartu Multi Trip dengan sistem saldo. Ini dilakukan agar penumpang tidak perlu menggantri dalam membeli tiket. 

Namun, KCJ tetap menyediakan Tiket Harian Berjaminan Pergi Pulang (THB PP) sehingga pengguna dapat membeli tiket untuk perjalanan pergi sekaligus perjalanan pulang di Stasiun Keberangkatan saja.

"Dengan menggunakan THB PP, pengguna tidak perlu lagi mengantri di loket untuk isi ulang tarif perjalanan pulangnya," jelasnya.

Untuk libur panjang akhir tahun, lanjut Eva, KCJ juga telah menyiapkan perjalanan KRL tambahan khusus pada malam pergantian tahun sebanyak 21 perjalanan. 

"PT KCJ yakin berbagai persiapan dan pelayanan tambahan tersebut akan membuat KRL Jabodetabek menjadi salah satu transportasi pilihan utama masyarakat selama musim liburan akhir tahun ini," imbuhnya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com