Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Prediksi Kredit Infrastruktur Tumbuh Signifikan Pada 2017

Kompas.com - 27/12/2016, 15:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk memprediksi pertumbuhan kredit yang disalurkan ke sektor infrastruktur bakal meningkat signifikan pada tahun 2017, bahkan mencapai "double digit."

Pertumbuhan tersebut didorong banyaknya proyek infrastruktur pemerintah. "Kami juga maunya tumbuh double digit. Kita lihat, kereta api ini contohnya. Tahun depan kuartal I kita pasti ada rencana lagi (penyaluran kredit). Untuk infrastruktur masih butuh pinjaman, untuk proyek jalan tol, LRT, dan sebagainya," kata SEVP Corporate Banking Bank Mandiri Alexandra Askandar di Jakarta, Selasa (27/12/2016).

Alexandra mengungkapkan, selain proyek kereta api, proyek pembangunan jalan tol juga masih membutuhkan penyaluran kredit. Ia menjelaskan, komitmen kredit untuk sektor jalan tol biasanya mencapai triliunan rupiah.

Menurut Alexandra, pertumbuhan kredit infrastruktur perseroan pada tahun 2016 ini sangat signifikan apabila dibandingkan tahun lalu.

Bahkan, imbuh dia, pertumbuhannya hampir 50 persen dibandingkan penyaluran pada tahun 2015 lalu.

"Kami pastinya (menyalurkan) ke konstruksi jalan tol, pembangkit, pelabuhan, semua yang masuk ke dalam infrastruktur. Meningkat signifikan tahun ini," jelas Alexandra.

Hari ini, Bank Mandiri menyalurkan pinjaman transaksi khusus kepada PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebesar Rp 1,2 triliun.

Pinjaman ini digunakan KAI untuk pengembangan jalur Double Track Sumatera Selatan, dari Area Pertambangan Bukit Asam di Tanjungenim Baru ke Tarahan, Lampung.

Hingga Oktober 2016, komitmen pembiayaan Bank Mandiri ke sektor infrastruktur mencapai Rp 96,9 triliun. Angka ini meningkat 53 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Dari nilai tersebut, komitmen pembiayaan terbesar diberikan ke proyek-proyek di sektor transportasi yang mencapai Rp 37,1 triliun dan proyek pembangkit tenaga listrik sebesar Rp 32,1 triliun. 

Adapun komitmen pembiayaan Bank Mandiri pada sektor perkeretaapian hingga akhir Desember 2016 ini telah mencapai Rp 4,8 triliun. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com