Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bulan Diperkenalkan, Penjualan Phonska Plus Tembus 24.000 Ton

Kompas.com - 06/01/2017, 07:00 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Sejak diperkenalkan kepada masyarakat umum pada November 2016, penjualan pupuk non subsidi keluaran PT Petrokimia Gresik (PG) yang diberi label ‘Phonska Plus’ diklaim telah mencapai 24.000 ton.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama PG Nugroho Christijanto, dalam sesi jumpa pers sebelum acara launching Phonska Plus di Sarana Olahraga (SOR) Tri Dharma, Gresik, Kamis (5/1/2017) malam.

“Ini membuktikan, bahwa produk pupuk kami yang baru ini cukup diminati oleh para petani. Karena segmentasinya, pupuk Phonska Plus memang menyasar tanaman pangan, seperti padi, jagung, dan sebagainya,” tutur Nugroho, Kamis (5/1/2017) malam.

Ia pun optimistis penjualan Phonska Plus akan terus meningkat, seiring dengan semakin dikenalnya produk ini oleh para petani. Selain itu, karena besarnya potensi pasar pupuk NPK di Indonesia dengan rata-rata pertumbuhan kebutuhan mencapai 6,53 persen per tahun.

“Juga karena dalam dua tahun terakhir, alokasi pupuk NPK bersubsidi hanya sebesar 2,5 juta ton sesuai dengan Permentan (Peraturan Menteri Pertanian) 130/2014 dan Permentan 60/2015,” terangnya.

Sedangkan menurut data Asosiasi Perusahaan Pupuk Indonesia, kebutuhan pupuk NPK untuk sektor pangan, hortikultura, dan perkebunan rakyat, mencapai 6,6 juta ton per tahun.

Adanya selisih atau gap inilah yang dimanfaatkan oleh PG, dengan menyediakan Phonska Plus selaku pupuk non subsidi dengan harga terjangkau tetapi memiliki kualitas bagus.

“Untuk saat ini, di pabrik masih ada sekitar 5.000 ton Phonska Plus siap dipasarkan. Dengan target di tahun 2017, kami menargetkan sebanyak 100.000 ton Phonska Plus dapat dipasarkan,” beber Nugroho.

Nugroho juga percaya, jika sebuah langkah besar berawal dari langkah kecil. Mengacu pada sejarah kesuksesan pupuk Phonska edisi sebelumnya yang dipasarkan pada tahun 2005.

Saat itu, kuantum pejualan hanya 200.000 ton per tahun, namun kini kuantum penjualannya telah mencapai lebih dari 2 juta ton per tahun.

“Berawal dari langkah kecil namun konsisten, kami optimistis Phonska Plus akan menjadi market leader untuk pasar pupuk NPK non-subsidi,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com