Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suku Bunga Simpanan Bank-bank Besar Mulai Merangkak Naik

Kompas.com - 12/01/2017, 17:51 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memantau, suku bunga simpanan perbankan nasional mulai bergerak naik.

Kenaikan tersebut terutama terjadi pada perbankan dengan kategori Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) III dan IV.

"Suku bunga simpanan di beberapa bank besar kami pantau sudah mulai meningkat. Terutama di BUKU III dan IV," kata Direktur Eksekutif Penjaminan dan Manajemen Risiko LPS Didik Madiyono dalam konferensi pers di kantornya, Kamis (12/1/2017).

Didik menjelaskan, kenaikan suku bunga simpanan tersebut dominan terlihat pada beberapa bank terbesar di Tanah Air.

Sementara itu, suku bunga simpanan pada perbankan yang relatif lebih kecil, yakni kelompok BUKU I dan II relatif stabil.

Data LPS menunjukkan, suku bunga special rate deposito tenor 1 bulan pada bulan Januari 2017 terpantau mencapai 6,72 persen pada bank-bank BUKU IV. Sementara pada bank-bank BUKU III berada pada posisi 6,66 persen.

Terkait likuiditas perbankan, LPS memantau per periode Oktober 2016, loan to deposit ratio (LDR) mencapai level 90,77 persen.

LPS memproyeksikan LDR yang mencerminkan likuiditas perbankan akan mencapai kisaran level 95,1 persen pada tahun 2017 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com