Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Kasus JP Morgan, Kemenkeu Ingin Kerja Sama Saling Menguntungkan

Kompas.com - 12/01/2017, 21:38 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menginginkan kerja sama yang dijalin pemerintah dengan lembaga keuangan internasional harus saling menguntungkan, bukan justru merugikan salah satu pihak.

Seperti diketahui, pemerintah baru saja memutus kerja sama dengan JP Morgan Chase Bank lantaran riset lembaga keuangan tersebut justru merugikan Indonesia.

"Kalau kami bilang (kerja sama harus ) kredibel lah. Bukan kayak jual obat yang penting laku dulu," ujar Direktur Strategis dan Portofolio Utang Kemenkeu Schneider Siahaan di Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Sebelum didepak, JP Morgan merupakan dealer utama penerbitan Surat Utang Negara (SUN) Indonesia.

Tugasnya yaitu mencari pembeli SUN yang diterbitkan Indonesia. Namun lembaga keuangan asal AS itu justru menurunkan portofolio strategis Indonesia dari Overweight ke Underweight, tanpa memberikan penjelasan rinci. Akibatnya, investor justru tidak tertarik membeli SUN Indonesia.

"Dia agen penjual tetapi dia bilang jangan beli, jangan beli. Gimana dia jualnya? Itu kan lucu," kata ia.

Meski begitu, Schneider kembali menegaskan bahwa Kemenkeu tidak anti kritik terhadap hasil riset lembaga keuangan internasional.

Namun para patner pemerintah harus juga melihat kerja sama yang selama ini terjalin. "Paling tidak dia harus jaga agar dampaknya jangan merugikan (Indonesia)," ucap Schneider.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com