Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Ekonomi Rakyat, Bank Mandiri Bangun Balai Ekonomi Desa

Kompas.com - 13/01/2017, 08:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) membangun Balai Ekonomi Desa di Desa Kenalan, Borobudur, Yogyakarta.

Kerja sama ini guna memperkuat dukungan untuk pengembangan ekonomi masyarakat. Bank Mandiri mengalokasikan Rp 1 miliar untuk pembangunan Balai Ekonomi Desa tersebut.

Balai Ekonomi Desa atau Balkondes, dikelola secara profesional yang dilengkapi dengan homestay.

Di Balai Ekonomi ini juga dipamerkan produk souvenir, makanan, dan produk lainnya hasil kreasi masyarakat desa.

Balai ini juga memiliki tempat pelatihan untuk meningkatkan kapabilitas masyarakat desa agar mampu mengelola dengan baik potensi-potensi yang terdapat di desa tersebut.

Area Manager Bank Mandiri Yogyakarta Atta Wanggai mengatakan, masyarakat internasional sangat tertarik mengunjungi desa karena memiliki kekuatan tradisional, kearifan lokal dan budaya.

"Mudah-mudahan, Balai Ekonomi Desa yang kami bangun bersama PT TWC ini dapat meningkatkan kemampuan masyarakat, baik secara keterampilan maupun ekonomi," jelas Atta melalui keterangan resmi, Kamis (12/1/2017).

Program pembangunan Balai Ekonomi ini juga merupakan salah satu stimulan untuk memotivasi masyarakat supaya bergerak mengembangkan kawasan wisata Borobudur yang kaya potensi.

"Untuk menyambut wisatawan, masyarakat harus dipersiapkan menjadi tuan rumah dalam menghadapi pertumbuhan kunjungan wisatawan melalui pembangunan Balkondes dan penyediaan layanan kamar homestay," ujar Atta.

Kompas TV Tour de Borobudur Terbagi Dalam 3 Kategori

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com