Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian ESDM Lelang 134 Kontrak Senilai Rp 284 Miliar

Kompas.com - 26/01/2017, 15:37 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada hari ini menggelar penandatanganan kontrak pengadaan barang dan jasa tahun 2017 tahap I. Adapun total paket sebanyak empat kontrak pilihan dan 130 kontrak dengan nilai Rp 284 miliar.

Kontrak proyek salah satunya digelar oleh Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM untuk proyek pembangunan PLTS terpusat di Nusa Tenggara Timur dengan nilai Rp 31,2 miliar dan Badan Pengembangan SDM untuk proyek pengadaan makanan di Jawa Tengah senilai Rp 5,8 miliar.

Kemudian Litbang ESDM melakukan proyek injeksi CO2 di Sulawesi Selatan sebesar Rp 4,47 miliar dan Badan Geologi ESDM untuk proyek mobilisasi peralatan pengeboran di Alor NTT dengan nilai Rp 1,48 miliar.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan mengatakan, total kontrak yang ditandatangani belum mencapai 10 persen dari pagu anggaran Kementerian ESDM 2017 sebesar Rp 7,02 triliun. Mantan Menteri Perhubungan ini pun meminta supaya penandatanganan kontrak lebih dipercepat.

"Harapan pemerintah kalau bisa dilaksanakan seawal mungkin, tujuannya bukan penyerapan cepat tapi kualitas barang dan jasa jadi lebih baik," kata Jonan di Jakarta, Kamis (26/1/2017).

Mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) ini juga menambahkan, atas arahan dan mandat Presiden Joko Widodo (Jokowi) anggaran yang dituangkan dalam APBN selayaknya bermanfaat untuk rakyat. Sehingga, para pejabat Kementerian ESDM diminta harus mengedepankan hal tersebut.

"Ini penting, apa yang diberikan dari rakyat, seharusnya dikeluarkan juga untuk rakyat," pungkas Jonan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com