Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Bantah Terbitkan Uang Elektronik Bergambar Tokoh Politik

Kompas.com - 30/01/2017, 15:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menegaskan tidak pernah menerbitkan produk uang elektronik e-money bergambar tokoh politik.

Hal ini terkait beredarnya informasi yang beredar melalui media sosial soal kabar terbitnya uang elektronik bergambar tokoh politik dalam Pilkada DKI Jakarta.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas menyatakan, perseroan tidak pernah menerbitkan produk yang terkait dengan aktivitas politik.

Produk-produk yang diterbitkan Bank Mandiri selalu berdasarkan pertimbangan profesional sebagai sebuah institusi bisnis.

"Kami pun memastikan bahwa informasi tentang kartu e-money bergambar tokoh politik yang disebarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab adalah tidak benar berasal dari Bank Mandiri," ungkap Rohan dalam keterangan resminya, Senin (30/1/2017).

Rohan pun menuturkan, Bank Mandiri memang menyediakan kartu e-money edisi khusus yang dipesan oleh komunitas atau masyarakat.

Namun begitu, untuk memperoleh persetujuan, banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Pun setiap pemegang kartu e-money Bank Mandiri harus memenuhi prosedur dan pedoman yang ditetapkan Bank Mandiri.

Pemegang kartu juga dilarang merusak, memanipulasi, memperbanyak, meniru, atau mengubah fisik dan data kartu.

"Pemegang kartu juga harus bertanggung jawab dan wajib melaporkan kepada bank bila terjadi penggandaan oleh pihak yang tidak berwenang," jelas Rohan.

Sebagai institusi taat hukum, imbuh Rohan, Bank Mandiri akan mengambil tindakan tegas berupa proses hukum sesuai UU ITE bagi pihak yang membuat, merekayasa digital sehingga seolah terdapat penerbitan kartu terkait politik. 

Juga, tindakan tegas untuk kegiatan menyebarluaskan informasi atau gambar tentang kartu e-money Bank Mandiri yang tidak memiliki izin penerbitan dari Bank Mandiri.

"Bagi masyarakat yang menerima informasi sebagaimana tersebut di atas, dapat menghubungi layanan nasabah Bank Mandiri 14000," tutur Rohan.

Kompas TV Bank Mandiri Gandeng Bukalapak Dorong E-Cash

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com