Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Tak Mau Kalah dari Negeri Tetangga

Kompas.com - 31/01/2017, 16:46 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani ingin pemerintah menyekolahkan sebanyak-banyaknya anak muda ke luar negeri. Perempuan yang kerap disapa Ani itu tak ingin Indonesia kalah dari negara tentangga yang banyak membiayai warganya menimba ilmu di universitas-universitas ternama dunia.

"Banyak negara tetangga saja yang mampu menyekolahkan masyarakat umum dan jajaran birokrasinya ke sekolah-sekolah di dunia agar negaranya hebat. Saya ingin Indoneisa juga seperti itu," kata Ani saat membuka LPDP Edufair 2017 di Jakarta, Selasa (31/1/2017).

Menurutnya, pemberian beasiswa kepada anak-anak muda untuk sekolah di luar negeri merupakan salah satu investasi pemerintah di bidang sumberdaya manusia (SDM). Diharapkan setelah program itu selesai, anak-anak muda tersebut kembali ke Indonesia dan menggunakan ilmunya untuk ikut membangun Indonesia.

"Presiden dengan nawacita mengamanatkan agar pendidikan menjadi salah satu solusi untuk menaikan taraf hidup masyarakat Indonesia," kata Ani.

Tahun ini, anggaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mencapai Rp 22,5 triliun. Dengan dana itu, pemerintah bisa menyekolahkan 16.295 penerima beasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com