Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Gabah Anjlok, Bulog dan PPI Diminta Segera Serap Produksi Petani

Kompas.com - 01/02/2017, 19:38 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menggelar rapat koordinasi terkait masalah pangan di Kantor Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Usai rapat, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan bahwa pemerintah akan berupaya secepat mungkin menyelesaikan masalah anjloknya harga gabah di tingkat petani di sejumlah daerah. "Ada tujuh kabupaten yang harganya jatuh, jadi kami segera bergerak cepat," ujar Amran.

Pemerintah meminta agar Bulog dan Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) untuk bergerak cepat untuk membeli gabah dari petani dengan harga sesuai Harga Pembelian Pemerintah (HPP).

Saat ini, harga gabah di tujuh kabupaten ada di kisaran Rp 3.500 per kilogram. Padahal pada awal Januari harganya bisa mencapai Rp 4.000 hingga Rp 5.000 per kilogram.

Selain harga gabah, pemerintah juga memperhatikan harga bawang yang juga ikut jatuh. Padahal tuturnya, pemerintah sudah membangun lumbung bawang 100 hektar di Solok, Sumatera Barat.

"Yang penting kami dorong Bulog dan PPI (Perusahaan Perdagangan Indonesia) untuk bergerak cepat," kata Amran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com