Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Trump, Warga Meksiko Ancam Boikot Produk AS

Kompas.com - 03/02/2017, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Warga Meksiko geram atas berbagai kebijakan yang bakal diterapkan Presiden AS Donald Trump terhadap negara mereka. Merespon hal itu, warga pun memenuhi media sosial dan menyebarkan kampanye untuk memboikot produk-produk asal AS.

Seperti diwartakan CNN Money, Jumat (3/2/2017), berbagai kampanye merebak di media sosial berisi ajakan kepada warga Meksiko untuk memboikot McDonald's, Starbucks, Coca-Cola, dan Walmart.

Ajakan boikot ini muncul setelah Trump menandatangani perintah eksekutif untuk membangun tembok di sepanjang perbatasan AS-Meksiko.

Tagar #AdiosStarbucks dan #AdiosProductosGringos dengan cepat menjadi trending topic.

Starbucks pun membela diri dengan menyatakan bahwa divisi bisnis lokalnya adalah waralaba yang dimiliki oleh pihak Meksiko dan mempekerjakan sekira 7.000 pegawai Meksiko, pun menyajikan kopi yang ditanam di Meksiko.

Selain itu, tidak sedikit pula konsumen yang meyakini bahwa boikot tersebut akan merugikan warga Meksiko sendiri. Hal ini diungkapkan oleh Fernando Ruiz, sebagai contoh, yang mengantri sangat lama hanya untuk membeli segelas kopi Starbucks.

"Perusahaan-perusahaan (AS) yang beroperasi di Meksiko, nyatanya adalah waralaba yang dimiliki orang Meksiko dan pekerjanya adalah orang Meksiko juga," jelas Ruiz.

Ketegangan antara kedua negara meningkat setelah Trump menegaskan bahwa Meksiko harus membayar biaya pembangunan tembok pembatas.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto pun membalas dengan membatalkan pertemuan dengan Trump.

Pemerintahan Trump juga mengemukakan ide pajak impor sebesar 20 persen terhadap barang-barang yang diimpor dari Meksiko.

Namun demikian, sebenarnya jalinan benang perdagangan antara AS dan Meksiko rumit. Banyak perusahaan terkenal AS yang beroperasi di Meksiko adalah waralaba yang dimiliki oleh pengusaha atau perusahaan lokal.

Di sisi lain, 6 juta pekerjaan di AS bergantung pada Meksiko, sehingga memajaki impor dari Meksiko akan berdampak pada banyak perusahaan AS yang mengirimkan komponen-komponen ke Meksiko unuk dirakit.

Di samping itu, sekira 40 persen komponen barang yang diimpor dari Meksiko berasal dari AS.

Misalnya, sebelum sebuah mobil tiba di diler lokal di AS, komponen-komponennya dikirim lintas perbatasan Kanada, AS, dan Meksiko, begitulah rantai pasoknya.

Kompas TV Trump Batalkan Investasi Ford di Meksiko

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com