Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani: Jangan Sering Datang ke Saya untuk Tak Bayar Pajak

Kompas.com - 03/02/2017, 15:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melontarkan kritik kepada para pengusaha yang enggan membayar pajak. Menurut Sri, pajak adalah instrumen penerimaan negara yang pada akhirnya memberi kemudahan bagi pengusaha.

Menurut Menkeu, layaknya sebuah perusahaan, sebagai direktur keuangan, dirinya mengemban tugas yang lebih sulit dibandingkan direktur keuangan lain di perusahaan.

Soalnya, kemampuan mengumpulkan pajak sebagai penerimaan negara akan berjalan lurus dengan apa bisa disediakan oleh pemerintah.

"Saya ingin sampaikan kepada Apindo bantu saya sebagai CFO republik ini. Jangan sering datang ke saya untuk tidak bayar pajak. Datang ke saya untuk bayar pajak," ujar Sri di Kantor Pusat Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Jumat (3/2/2017).

Penerimaan pajak Indonesia memang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Akan tetapi, jika dibandingkan negara lain di kawasan, jumlah penerimaan pajak yang ada belum mencukupi untuk menyediakan layanan bagi masyarakat.

"Penerimaan pajak kita meningkat. Tapi kalau kita lihat Malaysia dan Thailand bisa 15 persen dapat pajak dari GDP (produk domestik bruto). Kalau kita hanya 11 persen, kalah, kita tidak bisa bayar guru yang baik," ungkap dia.

Dari 32,7 juta wajib pajak, imbuh Sri, hanya 12,7 juta yang membayar pajak. Sementara itu, secara sektoral, penerimaan pajak dari industri merupakan yang paling ampuh dalam upaya mengurangi ketimpangan.

"Pajak ada tools yang sangat efektif dan powerfull untuk kurangi ketimpangan. Jangan sampai yang duduk di sini ada yang bayar pajak (tapi) ada yang enjoy so much," tutur Sri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com