Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indef: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2017 Diperkirakan 4,9 Persen

Kompas.com - 06/02/2017, 23:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati memperkirakan, pertumbuhan ekonomi triwulan I 2017 akan sedikit menurun dibandingkan triwulan IV 2016 yang mencapai 4,94 persen.

Menurut Enny, penurunan pertumbuhan tersebut dipicu oleh faktor inflasi dari komponen harga yang ditentukan pemerintah (administered prices).

"Komponen administered prices akan tekan konsumsi, sehingga pertumbuhan ekonomi triwulan I 2017 diprediksi 4,9 persen," ujar Enny di Jakarta, Senin (6/2/2017).

Ia menuturkan, kebijakan menaikkan harga secara serentak oleh pemerintah akan menekan laju konsumsi rumah tangga yang merupakan komponen utama pendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Seharusnya kenaikan harga untuk administered prices tidak dilakukan serentak. Dampaknya, saat ini kenaikan harga merembet ke barang-barang lain," kata Enny.

Pada Januari 2017, pemerintah menaikkan biaya pengurusan surat kendaraan bermotor, tarif tenaga listrik dan bahan bakar minyak,

Untuk dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan, lanjut Enny, pemerintah seharusnya tidak membuat kebijakan yang memicu kenaikan harga barang.

Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja mengumumkan pertumbuhan ekonomi triwulan IV 2016 mencapai 4,94 persen, sehingga rata-rata pertumbuhan ekonomi sepanjang 2016 mencapai 5,02 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com