Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklim Investasi Tak Terpengaruh Aksi Demonstrasi

Kompas.com - 08/02/2017, 20:00 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Trikasih Lembong turut angkat bicara terkait aksi unjuk rasa atau demonstrasi yang kerap terjadi di Indonesia.

Menurut Lembong, demonstrasi yang seirng terjadi di Indonesia berlangsung secara damai, dan tertib, dan menunjukan Indonesia sebagai negara demokrasi, sehingga tidak membuat investor khawatir.

“(Demo-demo) Itu menunjukkan bahwa demokrasi kita berjalan. Hampir semua demo-demo itu tertib, damai dan menurut saya justru itu mencerminkan suatu kedewasaan, kematangan berdemokrasi,” ujar Thomas Lembong pada acara Edelman Trust Barometer di Energy Building, Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Menurutnya, hal itu menunjukan bahwa dalam berdemokrasi tidak ada yang bisa dibungkam atau ditutup-tutupi.

"Kita sebagai suatu masyarakat bisa membicarakan secara publik, bahkan isu-isu paling sensitif seperti agama dan ras. Secara alamiah ini terbuka, sehingga kita bisa mengatakan suatu dialog publik. Jadi saya melihat justru ini positif,” tutur Thomas.

Iklim Investasi 2017

Sementara itu, Lembong menambahkan, saat ini iklim investasi di Indonesia masih terjaga dengan baik. Seperti survei yang dilakukan Edelman mengungkap tingkat kepercayaan terhadap Indonesia mengalami peningkatan dari 62 menjadi 69.

Thomas mengatakan, saat ini iklim investasi di Indonesia masih terjaga. Hal tersebut terlihat dari survei yang dilakukan Edelman di mana indeks kepercayaan terhadap Indonesia justru naik.

"Bicara kebenaran itulah yang membuat orang jadi percaya, berarti tingkat kepercayaan naik dan sentimen bisnis juga naik," kata Lembong.

Dia pun menyatakan optimistis terkait realisasi capaian invetasi pada tahun ini sesuai dengan target, ditambah dengan paket kebijakan ekonomi yang menjadi pendorong.

"Saya optimis, untuk 2017 kami proyeksikan (capaian investasi) kira-kira 11 persen sampai 12 persen mirip dengan tahun lalu, kami tetap punya ekspektasi tren positif terus berlanjut, terutama paket-paket kebijakan," kata dia. 

"Sebanyak 15 paket itu sekarang masuk ke fase implementasi, dan menurut saya pada tahun ini paket paket kebijakan itu akan semakin terasa kenyataannya dilapangan." 

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Edelman Trust Barometer mengungkapkan hal positif yaitu indeks kepercayaan Indonesia mengalami peningkatan.

Indeks kepercayaan naik dari 62 poin menjadi 69 poin. Sedangkan indeks kepercayaan di 21 negara alami penurunan dari 28 negara yang di survei.

Kompas TV Perekonomian Indonesia Diprediksi Terus Membaik
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com