Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Ditarik, Penjualan Produk Mode Ivanka Trump Sudah Anjlok

Kompas.com - 13/02/2017, 10:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON, KOMPAS.com - Penjualan produk mode Ivanka Trump, putri presiden AS Donald Trump di peritel mode Nordstrom ternyata sudah merosot dalam setahun terakhir sebelum akhirnya ditarik.

Produk yang dijual antara lain pakaian dan sepatu. Mengutip Reuters, Senin (13/2/2017), penurunan penjualan terjadi hingga hampir sepertiga. Adapun penurunan penjualan paling tajam terjadi beberapa pekan sebelum Trump terpilih dalam pilpres AS.

Pekan lalu, Nordstrom mengumumkan penghentian penjualan lini produk mode Ivanka. Keputusan ini membuat Trump berang dan membela sang putri melalui akun Twitter-nya.

"Putri saya sudah diperlakukan sangat tidak adil oleh @Nordstrom," tulis Trump.

Tidak hanya Norstrom yang memutuskan untuk menarik produk-produk yang membawa nama Trump. Beberapa peritel besar di AS seperti Sears dan Kmart juga menarik 31 item produk Trump House dari penawaran produk online mereka.

Juru bicara menyatakan, keputusan itu diambil karena peritel tersebut ingin lebih fokus pada produk-produk yang lebih mendatangkan untung.

Koleksi Trump House tersebut mencakup furnitur, perangkat pencahayaan, seprai, cermin, dan lampu hias gantung. Wall Street Journal mengutip laporan internal Nordstrom yang menyatakan penjualan produk-produk Ivanka Trump lebih dari 70 persen lebih rendah pada pekan kedua, ketiga, dan keempat bulan Oktober 2016.

Pada tahun fiskal yang berakhir pada Januari 2017, penjualan Nordstrom secara keseluruhan mencapai 14,3 juta dollar AS. Angka tersebut turun dibandingkan 20,9 juta dollar AS pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com