Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Kelanjutan Kerja Sama, Dirut Garuda Akan Temui CEO Rolls Royce

Kompas.com - 13/02/2017, 13:09 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Arif Wibowo mengatakan, pihaknya akan bertemu dengan Chief Executive Officer (CEO) Rolls Royce pekan depan untuk membahas beberapa hal.

Beberapa hal akan dibahas, yaitu kelanjutan kerja sama Garuda-Rolls Royce usai kasus yang menyeret Emirsyah Satar.

"Saya akan ketemu dengan CEO-nya (Rolls Royce) minggu depan. Kami masih melakukan pembicaraan," kata Arif ditemui seusai pembukaan perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Senin (13/2/2017).

Mengenai apakah kerja sama dengan Rolls Royce akan dilanjutkan pasca-kasus Emirsyah Satar, Arif mengatakan, hal itu juga akan dibahas dalam pertemuan pekan depan.

"Yang dibahas tentang strategi bisnis Garuda Indonesia ke depan. Di dalamnya ada macam-macam, ada kelanjutan, ada kasus yang terakhir. Kami akan melakukan pembicaraan yang baik," kata dia.

Sebelumnya, terkait dengan kasus yang membelit Rolls Royce dengan Emirsyah Satar, pihak Garuda Indonesia mengaku tidak melakukan pemutusan kontrak secara sekaligus, tetapi hanya melakukan renegosiasi kontrak yang ada.

"Kami menjalankan amanat kontrak yang ada karena kita memiliki fleet plan yang sudah didesain 10 tahunan. Kami lebih fokus bagaimana semua fleet cost, atau biaya yang terkait biaya pesawat. Kan ada tiga komponen, biaya leasing, biaya perawatan, dan asuransi, jadi semuanya kami renegosiasi," ujar Arif, Senin (24/1/2017).

Meski demikian, ketika ditanya berapa besaran hasil efisiensi setelah renegosiasi dengan Rolls Royce, Arif enggan menyebutkan angkanya. Dirinya hanya menyebut efisiensi yang dilakukan pada 2016 menghasilkan 170 juta dollar AS, dan pada 2017 pihaknya berharap dapat melakukan efisiensi sebesar 200 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com