Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekanan ke IHSG Diprediksi Berlanjut

Kompas.com - 16/02/2017, 08:45 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini Kamis (16/2/2017) diperkirakan masih akan bergerak cenderung tertekan. Analis Reliance Securities Lanjar Nafi memperkirakan pergerakan indeks akan berada pada rentang 5.320-5.400.

"Saham-saham yang masih dapat diperhatikan antara lain KRAS, ROTI, KAEF, dan AALI," kata Lanjar melalui keterangan tertulis, Kamis.

Jelang libur Pilkada pada Selasa (14/2/2017) lalu, indeks tertekan 28,89 poin atau sebesar 0,53 persen.

IHSG ditutup di level 5.380,67. Indeks sektoral industri menjadi penekan utama dengan pelemahan 1,27 persen. Investor asing pun melakukan aksi jual bersih sebesar Rp 384,19 miliar.

Bursa Asia dan Eropa

Mayoritas bursa Asia ditutup melemah seiring ekuitas Jepang yang tergelincir dan dollar AS turun paska-pengunduran diri penasihat keamanan nasional Donald Trump.

"Indeks Topix di Jepang tergelincir satu persen karena Yen menguat dan Toshiba Corp jatuh. Sedangkan saham Hongkong berayun ketika investastor mengimbangi harga produsen China," kata Lanjar.

Sementara itu bursa Eropa dibuka bervariasi di mana, Stoxx Europe 600 Index tergelincir 0,1 persen, paska-reli lima hari yang membawa ke level tertinggi selama setahun.

FTSE 100 Index pun turun 0,3 persen. Data PDB Eropa yang di bawah ekspektasi menjadi alasan investor melakukan aksi jual di sesi pertama.

PDB Eropa hanya tumbuh 1,7 persen secara tahunan atau year on year (YoY), lebih rendah dari periode sebelumnya yang tumbuh 1,8 persen.

Kompas TV IHSG Sentuh 5.000, Dirut BEI Jalan Kaki

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com