Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani: Pembiayaan Jalan Tol Tidak Hanya Pakai APBN

Kompas.com - 17/02/2017, 15:15 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, Pemerintah saat ini telah menyiapkan sejumlah skema untuk pembiayaan jalan tol di berbagai wilayah di Indonesia.

Skema pembiayaan yang dirancang dinilai cukup ampuh untuk menyiasati masalah pembiayaan pembangunan.

Sejumlah skema yang digunakan yaitu memanfaatkan Anggaran Pembangunan dan Belanja Negara, penanaman modal ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN), memanfaatkan Lembaga Penjamin hingga kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

"Pembangunan bisa dalam berbagai bentuk. Selama ini kan pakai APBN. Kita juga bisa memberikan dalam bentuk penanaman modal negara melalui BUMN, juga KPBU," kata wanita yang disapa Ani itu, seusai meninjau tol Bawen-Salatiga, Jumat (17/2/2017).

Ani mengatakan, semua skema pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur mulai digunakan. Hal demikian salah satunya untuk menjembatani terlambatnya pencairan anggaran.

Ia mencontohkan, ketika dana APBN terlambat cair, sehingga masih ada skema lain yang bisa digunakan.

"APBN kalau tidak ngatasi, nanti bisa sama-sama gunakan instrumen yg ada untuk menggunakan segala resiko, sehingga pengerjaan tidak terkendala dengan pembiayaan," ujar dia.

"Saya bersama menteri PU melihat bersama mensinkronkan masalah pembiayaan dan menyelesaikan pembangunan infrastruktur secara fisik. Jalan raya ini urat nadi perekonomian, mobilitas antar kota tinggi, jadi kebutuhan tidak bisa ditunda," tambah mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Melalui skema itu, dia yakin sejumlah proyek infrastruktur tidak akan berhenti karena terkendala biaya. "BUMN, penjaminan, bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com