Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Lama Lagi, Suku Bunga AS Akan Naik

Kompas.com - 24/02/2017, 05:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com – Pejabat bank sentral AS Federal Reserve menyatakan The Fed akan menaikkan suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR) dalam waktu dekat.

Penyesuaian FFR hanya bisa dilakukan apabila kegiatan perekonomian di AS tetap kuat.

Mengutip BBC, Jumat (24/2/2017), The Fed akan mengadakan pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) pada Maret 2017 mendatang, yang pertama kali dilakukan sejak Presiden Donald Trump dilantik.

Adapun para ekonom telah memprediksikan kenaikan FFR terjadi pada Juni 2017.

Meskipun demikian, para pejabat The Fed tampaknya terbelah terkait waktu yang tepat untuk menaikkan suku bunga. Pasalnya, ada ketidakpastian terkait kebijakan-kebijakan Trump.

Beberapa anggota FOMC menyatakan kekhawatiran mereka bahwa angka pengangguran dapat turun, tapi di bawah target The Fed yang mencapai 4,8 persen.

Kondisi ini dapat memicu tekanan inflasi dan memaksa The Fed menaikkan suku bunga lebih cepat dibandingkan ekspektasi pasar.

Per Desember 2016, angka pengangguran di AS berada pada posisi 4,7 persen. Namun demikian, angka tersebut naik menjadi 4,8 persen pada bulan Januari 2017 lalu.

“Frasa ‘tidak lama lagi’ jelas meninggalkan pintu yang terbuka untuk kenaikan suku bunga pada Maret (2017), meski kami masih berpikir bahwa The Fed akan menundanya sampai Juni 2017,” ujar Paul Ashworth, kepala ekonom AS di Capital Economics.

Sementara itu, IHS Markit menyatakan sinyal-sinyal yang dilontarkan The Fed terkait peningkatan FFR pada Maret 2017 adalah sebuah kemungkinan yang besar.

Jika inflasi dan data penyerapan tenaga kerja pada Februari 2017 sejalan dengan tren terkini, maka The Fed dianggap tidak memiliki alasan untuk menahan suku bunga FFR.

Adapun kepala ekonom Pantheon Macroeconomics Ian Sheperdson menuturkan, kenaikan FFR kemungkinan terjadi pada Mei 2017 ketimbang Maret 2017, kecuali jika ada peningkatan besar pada serapan tenaga kerja bulan Februari.

The Fed mempertahankan suku bunga acuannya pada kisaran 0,25 persen menjadi 0,5 hingga Desember 2015.

The Fed telah menunggu setahun penuh untuk menaikkan suku bunga acuan kedua pada Desember 2016 setelah menaikkan FFR pada Desember 2015 silam.

Kompas TV The Fed Naikkan Bunga?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com