Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik 106,25 Persen, Saham BRI Agro Diawasi Bursa

Kompas.com - 24/02/2017, 15:58 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menetapkan saham PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk dan waran seri II BRI Agroniaga masuk dalam kategori Unusual Market Activity (UMA).

Adapun alasan bursa mengawasi saham dengan kode emiten AGRO ini karena telah terjadi peningkatan harga dan aktivitas saham AGRO yang di luar kebiasaan.

"Kami menginformasikan telah terjadi peningkatan harga dan aktivitas saham di luar kebiasaan," ujar Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI, Irvan Susandy melalui keterbukaan informasi, Jumat (24/2/2017).

Berdasarkan data Bloomberg, harga saham AGRO pada 1 Februari 2017 berada di level 480 per saham. Pada perdagangan 24 Februari 2017, saham AGRO sudah berada pada level 990 per saham atau naik 106,25 persen.

"Sehubungan dengan terjadinya UMA atas saham AGRO, perlu kami sampaikan bahwa bursa saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini," imbuh Irvan.

Oleh karena itu, para investor diharapkan untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat atas permintaan konfirmasi bursa.

Investor juga diminta untuk mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasinya. Selain itu, investor juga diminta untuk mengkaji kembali rencana corporate action perusahaan tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS.

Terakhir, bursa meminta kepada para investor untuk mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

"Pengumuman UMA tidak serta-merta menunjukan adanya pelanggaran terhadap peraturan peundang-undangan di bidang pasar modal," pungkas Irvan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com