Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang Kerja Arcandra Tahar Disegel Serikat Pekerja Pertamina

Kompas.com - 01/03/2017, 16:34 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) memasang segel di pintu ruang kerja Wakil Komisaris PT Pertamina (Persero) yakni Arcandra Tahar.

Adapun alasan pemasangan segel, karena Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tersebut adalah orang yang harus bertanggung jawab terkait pencopotan Direktur Utama dan Wakil Direktur Utama Pertamina beberapa waktu lalu.

"Penyegelan ruang kerja Komisaris ini merupakan tindak tegas dari pencopotan dua pimpinan kami, mereka yang mengusulkan posisi Wadirut adalah Komisaris dan semua ditandatangani Komisaris kemudian disetujui oleh Menteri BUMN. Jadi mereka harus bertanggung jawab," kata Ketua Dewan Pembina FSPPB, Ugan Gandar di Jakarta, Rabu (1/3/2017).

Alasan lainnya yakni, disetujuinnya posisi Wakil Direktur Utama oleh Dewan Komisaris, sehingga terjadi berbagai kekisruhan di dalam tubuh Pertamina, seperti yang selama ini disebut-sebut sebagai matahari kembar.

"Alasan tersebut saya kira hanya alasan klasik dan pembodohan, karena 4 bulan berikutnya ternyata terjadi benturan luar biasa antara Dirut dan Wadirut, ini sebuah skenario yang luar biasa," tutur Ugan.

Semestinya, menurut Ugan, posisi Wakil Direktur Utama harus dibatalkan, karena selama ini posisi Wadirut dinilai tidak memberikan manfaat yang besar bagi Pertamina.

"Ini menjadi pertanyaan bagi kami, kenapa Wadirut selevel dengan Direktur Hulu? Padahal Direktur diambil dari beberapa Direktorat," tegasnya.

Selain memasang segel ruangan kerja Arcandra Tahar, FSPPB juga menyegel dua ruang Komisaris lainnya serti Tanri Abeng yang menjabat sebagai Komisaris Utama dan Edwin Hidayat Abdullah sebagai salah satu Anggota Komisaris.

"Jika kantor mereka ingin dibuka, mereka harus bertemu dengan kami apakah itu Komut apakah Wakomut. Kalau mereka maksa untuk masuk, silahkan saja kami akan kunci dari luar, kita segel," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com