Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Reliance Securities Estimasi IHSG Bergerak Bervariasi

Kompas.com - 03/03/2017, 08:30 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan pekan pertama bulan ini, Jumat (3/3/2017) diperkirakan akan bergerak bervariasi dengan rentang pergerakan 5.360-5.420.

"Saham-saham yang dapat diperhatikan diantaranya ANTM, ASRI, BBTN, JPFA, LPKR, SSIA, WKST, ADHI, INAF, MPPA," kata Lanjar Nafi, analis dari Reliance Securities kepada Kompas.com, Jumat.

Pada penutupan perdagangan Kamis (2/3/2017), indeks cukup optimistis ditutup menguat 45,19 poin atau 0,84 persen ke level 5.408,25 dengan volume perdagangan yang cenderung moderat.

Indeks sektor konsumer memimpin penguatan, dengan menguat lebih dari 2 persen seiring meningkatnya tingkat inflasi yang memberikan spekulasi positif pada tingkat konsumsi.

Penguatan Rupiah diharapkan seiring dengan kedatangan Raja Salman dari Arab Saudi dan berbagai kesepakatan.

Bursa Asia dan Eropa

Bursa Asia ditutup bervariasi dengan penguatan dipimpin oleh indeks saham Jepang yang melonjak ke tertinggi sejak Desember 2015. Sementara itu bursa China memimpin pelemahan, menghapus keuntungan setelah menyentuh puncak sebentar di level 24.000.

"Yen melemah 0,4 persen menjadi 114,23 per dollar AS, setelah turun 0,9 persen pada Rabu menjadi faktor utama penguatan bursa Jepang," ujar Lanjar.

Bursa Eropa dibuka cenderung terkonsolidasi setelah menguat cukup signifikan pada perdagangan sebelumnya, seakan mengambil nafas setelah reli global Rabu kemarin.

Minyak dan emas keduanya jatuh menjadi tekanan tersendiri pada ekuitas Eropa karena greenback menguat, dan Treasuries turun untuk hari keempat.

"Pada akhir pekan sentimen akan diramaikan oleh data indeks kinerja sektor jasa di global dan penjualan ritel di zona Eropa," kata Lanjar.

Kompas TV Perusahaan pemilik aplikasi jejaring sosial Snapchat akan menjual saham perdananya di bursa saham Amerika Serikat. Snapchat menargetkan dana segar sebesar 19,5 miliar sampai sekitar 22 miliar dollar Amerika Serikat. Snapchat diperkirakan memiliki valuasi sebesar 310 triliun Rupiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com