Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Perekonomian, Kabupaten Nunukan Akan Bangun Kawasan Berikat

Kompas.com - 03/03/2017, 10:37 WIB
Sukoco

Penulis

NUNUKAN, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Nunukan di Provinsi Kalimantan Utara akan membangun kawasan berikat untuk mengembangkan industri dan perekonomian dan perdagangam di wilayah perbatasan.

Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid mengatakan, keberadaan kawasan berikat di Kabupaten Nunukan diklaim akan mampu mendongkrak perekonomian warga perbatasan yang selama ini sangat bergantung kepada Malaysia.

Selain itu keberadaan kawasan berikat juga akan meminimalisir tingginya aktivitas pedagangan ilegal di wilayah perbatasan.

“Perdagangan di Kabupaten Nunkan ini bisa lebih teratur lagi dan bisa lebih tertib lagi mengingat kita kan daerah perbatasan,” ujar Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid, Kamis (2/3/2017).

Menurut Kepala Kantor Wilayah Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Timur Agus Sudarmadi, keberadan kawasan berikat di Kabupaten Nunukan akan menjamin kepastian dunia perdagangan di wilayah Kalimantan Utara.

Keberadaan kawasan berikat juga menguntungkan pedagang tradisional yang selama ini banyak melakukan praktik perdagangan ilegal.

Para pedagang tradisional lintas batas negara tersebut akan diberi pelatihan menjadi pedagang internasional.

"Begitu kami fasilitasi, kami didik, pemenuhan perizinannya nanti dibantu dan lain sebagainya. Itu benefit cost ratio-nya. Pedagang mengaku lebih untung begini,” imbuh Agus Sudarmadi.

Saat ini kawasan berikat telah diberlakukan di beberapa wilayah perbatasan seperti di Entikong dan Timor Leste.

Pelabuhan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat akan meresmikan pelabuhan baru di wilayah perbatasan Kecamatan Sebatik di Kabupaten Nunukan.

Pelabuhan baru tersebut akan difungsikan sebagai pelabuhan tol laut, dengan target menurunkan disparitas harga antara produk Indonesia dan produk Malaysia.

Dengan tol laut diharapkan barang kebutuhan pokok dari Surabaya dan Makasar bisa menjangkau ke wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan.

Nantinya, kawasan berikat di Nunukan direncanakan akan menempel dengan pelabuhan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com