Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Peliharaan Tidaklah Murah, Bagaimana Menyiasatinya?

Kompas.com - 05/03/2017, 19:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti yang diketahui bahwa hewan peliharaan merupakan satu dari banyak hiburan yang mungkin bisa didapatkan di rumah. Bahkan hewan memiliki kategorinya tersendiri, hewan mana saja yang bisa diperlihara.

Beruntungnya di Indonesia, tidak pernah ada pelarangan dalam memelihara hewan. Di mana hewan jenis apapun (kecuali yang dilindungi) boleh dipelihara dan diperbolehkan untuk diajak jalan-jalan dengan bebas.

Memelihara hewan dianggap bisa meredakan tekanan atau stres dan bisa membuat kita lebih bahagia. Sayangnya, hewan peliharaan tidaklah murah bukan? Lalu bagaimana menyiasatinya?

1.    Mahalnya hewan peliharaan

Seperti yang dikatakan dalam paragraf sebelumnya, hewan peliharaan rata-rata memiliki harga beli yang sangat tinggi. Meskipun hanya sebuah hamster, hewan peliharaan lumayan menguras kantong pribadi Anda.

Terutama untuk hewan peliharaan layaknya kucing dan juga burung hias, harga yang dibutuhkan untuk tidaklah murah. Dengan nominal jutaan Anda baru bisa memiliki hewan peliharaan itu.

Hewan lainnya yang bisa dipelihara dan dengan kisaran harga yang beragam adalah reptil, anjing, hewan marmut atau hamster, dan masih banyak lagi. Kisaran harga yang dianggap mahal dan murah juga sebenarnya relatif.

Namun bagi beberapa orang yang merasa sangat senang memelihara hewan peliharaan tentu tidak menjadi masalah.

2.    Biaya pemeliharaan

Hewan merupakan makhluk hidup layaknya kira. Mereka membutuhkan makan, tempat untuk berlindung atau tidur, tempat buang air, dan sebagainya. Lantas karena Anda memeliharanya bagaimana nasib mereka?

Tentu saja manusia yang memiliki akal harus membuatkan tempat untuk tinggal layaknya rumah yang mereka miliki jika menjadi hewan liar atau hewan yang tinggal di habitat aslinya.

Biaya pemeliharaan inilah yang terkadang memakan biaya cukup besar dan berkelanjutan. Selama hewan tersebut masih hidup, maka Anda harus menghabiskan uang untuk memelihara hewan tersebut dan memenuhi kebutuhannya.

3.    Meredakan Stres

Meredakan stres memang fungsi dan tujuan orang memiliki hewan peliharaan. Meskipun tidak bisa diajak berbicara, namun mereka masih bisa bergerak dan bermain bersama manusia.

Hewan peliharaan juga dianggap sama, memiliki perasaan dan rasa kenal akan siapa yang memilikinya. Meskipun mereka tidak memiliki akal , beberapa riset mengatakan mereka tetap tahu mana orang yang memang senang dengan mereka mana yang tidak.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com