Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pimpinan OJK Diharapkan dari Pelaku Industri Keuangan

Kompas.com - 06/03/2017, 19:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Panitia Seleksi (Pansel) Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan segera mengumumkan hasil seleksi tahap ketiga. Kepala Ekonom PT Bank Mandiri (Persero) Tbk  mengharapkan, pimpinan OJK berikutnya diisi oleh para pelaku industri jasa keuangan.

Anton menyatakan, 35 nama calon DK OJK yang lolos seleksi tahap kedua berasal dari latar belakang yang beragam. Namun demikian, menurut dia yang utama sebenarnya adalah pelaku industri jasa keuangan sendiri.

"Saya mengharapkan pelaku industri keuangan yang masuk ke ke sana. Bukan hanya otoritas, BI, LPS, tapi lebih banyak pelakunya," kata Anton di kantornya di Jakarta, Senin (6/3/2017).

Anton mengatakan, selain diisi oleh pelaku industri perbankan, jajaran pimpinan OJK periode 2017-2022 juga diharapkan berasal dari pelaku industri keuangan nonbank (IKNB).

Pasalnya, IKNB memiliki banyak cakupan pengaturan namun selama ini dipandang kurang kuat dibandingkan perbankan.

"Perbankan sudah rigid, cuma yang nonbank ini yang tersendat. Ini termasuk soal investasi, investasi bodong," jelas Anton.

Ia menyatakan, diharapkan orang yang berani dan memiliki kepemimpinan yang dapat memimpin OJK. Menurut Anton, kepala eksekutif memiliki peran yang luar biasa dan harus bekerja sama dengan baik.

"Dan punya link atau pemikiran yang jauh ke depan. Bukan karena sudah mau pensiun saja lalu masuk sana. Bukan juga hanya penempatan," ujar Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com