Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Tambah Pasokan Listrik Kota Dobo Maluku

Kompas.com - 09/03/2017, 18:33 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai upaya meningkatkan keandalan kelistrikan di Kota Dobo Kepulauan Aru Provinsi Maluku, PT PLN (Persero) mendatangkan lima mesin baru melalui Pelabuhan Yos Sudarso Dobo.

Kelima mesin dengan kapasitas masing-masing 850 kW (5x850 kW) tersebut akan diletakkan di PLTD Wamar dan direncanakan dapat segera beroperasi pada minggu ketiga Maret ini.

Penambahan kelima mesin tersebut akan menambah pasokan listrik di Dobo. Pada Desember 2016, PLN juga telah mendatangkan tiga mesin berkapasitas 500 kW (3x500 kW) yang telah beroperasi hingga saat ini.

"Saat ini daya mampu di Dobo sebesar 3,25 MW dengan beban puncak mencapai 3,4 MW. Dengan adanya penambahan kelima mesin tersebut, maka daya mampu di Dobo akan mencapai 6,25 MW sehingga terdapat cadangan daya sebesar 2,85 MW," kata Manajer Teknik PLN M2U, Adriansyah dalam keterangannya, Kamis (9/3/2017).

Daerah Kabupaten Kepulauan Aru dihuni oleh 7.892 pelanggan rumah tangga, 688 pelanggan bisnis dan 1 pelanggan industri. Keseluruhan pelanggan bisnis dan industri tersebut berada di Kota Dobo, sementara dari total pelanggan rumah tangga, sebanyak 7.692 pelanggan berada di Ibukota Kepulauan Aru tersebut.

"Rasio Elektrifikasi di Kota Dobo itu sudah mencapai 100 persen, oleh karena itu dengan penambahan lima mesin ini diharapkan peran serta masyarakat untuk bersama-sama dalam menjaga aset kelistrikan di Kota Dobo agar keandalan dapat dipertahankan," pungkas Adriansyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com