Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Realisasi Belanja Negara Minim, Ini Tanggapan Menko Darmin

Kompas.com - 10/03/2017, 20:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Realisasi belanja negara hingga Februari 2017 mencapai 8,1 persen dari pagu 2017 yang telah ditetapkan pemerintah sebesar Rp 1.498 triliun

Secara nominal, belanja negara baru mencapai Rp 168,63 triliun, menurun 10,97 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Adapun realisasi tahun lalu sebesar 9,1 persen dari total pagu anggaran.

Menanggapi hal itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan pemerintah tetap optimistis. Menurut Darmin, pertumbuhan ekonomi pada pada semester I 2017 akan berada di atas 5 persen.

"Saya katakan, masih ada motor penggerak pertumbuhan. Konsumsi masyarakat, investasi, ekspor," ungkap Darmin di Jakarta, Jumat (10/3/2017).

Darmin menyatakan, kegiatan perdagangan selama tiga bulan terakhir tidak terlalu buruk. Hal tersebut tercermin dari total nilai ekspor Indonesia yang mulai membaik.

Di samping itu, musim panen pun dipastikan tidak akan kembali bergeser, seperti yang terjadi pada awal tahun 2016 lalu. "Produksi malah bagus, masih lebih baik dari kuartal I 2016," tutur Darmin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com