Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Keuangan Global Menunggu The Fed

Kompas.com - 14/03/2017, 16:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Bank sentral AS Federal Reserve diekspektasikan mengumumkan kenaikan suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR) pada esok, Rabu (15/3/2017).

The Fed diprediksi bakal menaikkan FFR menjadi 0,75 hingga 1 persen. Para investor kini juga menunggu apakah The Fed akan mengubah proyeksi mereka untuk tahun 2017 dan berikutnya.

Mengutip Bloomberg, Selasa (14/3/2017), Gubernur The Fed Janet Yellen akan memberikan keterangan pers selama 30 menit terkait hasil pertemuan dan proyeksi baru The Fed.

Beberapa hal yang ditunggu dari pernyataan tersebut antara lain apakah The Fed akan tetap menaikkan FFR sebanyak tiga kali pada tahun ini. Terakhir kali The Fed memberikan pembaruan mengenai FFR pada Desember 2016.

The Fed diperkirakan juga bakal memberikan proyeksi hingga tahun 2019. "Ini akan memberikan dampak sinyal dari pemberi kebijakan terkait kecenderungan pengetatan pada Maret dan apakah ada pergeseran waktu dan jumlah kenaikan pada FOMC yang akan disetujui tahun ini," kata Jonathan Wright, profesor ekonomi dari Johns Hopkins University.

Wright yang pernah menjabat sebagai ekonom The Fed juga menyatakan, data ekonomi dalam waktu beberapa bulan belakangan ini secara umum baik. Akan tetapi, ia tidak melihat ini akan mengubah outlook pertumbuhan atau inflasi.

"Tugas Yellen pada konferensi pers akan menegaskan bagian (kenaikan secara) gradual terkait proyeksi suku bunga," ungkap Roberto Perli, partner di Cornerstone Macro dan mantan ekonom The Fed.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com