Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembagian Dividen Hingga Pengumuman Manajemen Dongkrak Saham Perbankan

Kompas.com - 15/03/2017, 15:16 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Angin segar menyelimuti saham-saham perbankan. Bahkan saham sektor keuangan mampu menopang kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Pada jeda siang perdagangan saham Rabu pukul 12.00 WIB misalnya, IHSG ditutup naik 0,015 persen atau naik 0,82 poin ke level 5.432,40. Salah satu sektor yang menopangnya yakni sektor keuangan sebesar 0,31 persen.

Analis PT Infovesta Utama, Edbert Suryajaya mengatakan, kenaikan saham perbankan masih dipengaruhi paparan kinerja keuangan. Namun ada pengaruh lain yang juga ikut mendorongnya.

"Saya lihat yang cukup pengaruh juga ada terkait aksi korporasi seperti rencana pembagian dividen, maupun pengumuman manajemen baru maupun strategi yang baru dari beberapa bank," ujarnya.

Seperti diketahui, sejumlah bank menggelar Rapat Umum Pemenang Saham (RUPS). PT Bank Mandiri Tbk, misalnya. Bank berkode saham BMRI tersebut memutuskan untuk merombak jajaran Komisaris perseroan dan pembagian dividen pada Selasa (14/3/2017).

Hari ini, Rabu (15/3/2017), giliran PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI yang menggelar RUPS. Rencananya bank berkode saham BBRI yang dikenal sebagai bank kredit itu bahkan akan memiliki Direktur Utama baru.

Hal itu menyusul berakhir masa jabatan Direktur Utama BRI saat ini, Asmawi Syam, pada Maret ini.

Analis Investa Saran Mandiri Hans Kwee juga mengungkapkan hal serupa. Menurut dia, paparan kinerja dan aksi korporasi menjadi faktor pendorong saham perbankan di sesi I perdagangan saham Rabu. 

Kompas TV Harga saham perusahaan tambang naik secara agresif.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com