Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badan Standardisasi Nasional Dorong Industri Nasional Ikuti SNI Award 2017

Kompas.com - 15/03/2017, 21:18 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Standardisasi Nasional (BSN) mendorong pelaku industri nasional mengikuti ajang SNI Award 2017. Dalam ajang tersebut, BSN akan memberikan penghargaan kepada perusahaan atau organisasi yang dinilai paling baik dan konsisten dalam menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI).

"SNI Award merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menstimulasi peningkatan penerapan SNI, semakin tahun semakin diminati untuk diikuti oleh perusahaan atau organisasi," ujar Kepala Biro Hukum, Organisasi, dan Humas Badan Standardisasi Nasional (BSN) Budi Rahardjo saat pembukaan SNI Award 2017 di Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Budi menerangkan, jika menjadi peserta SNI Award, peserta akan mendapat kesempatan untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan kompetensi di bidang penerapan SNI.

“Dengan kata lain, peserta mendapat audit eksternal gratis dari BSN untuk meningkatkan kinerja organisasi. Jika organisasi mendatangkan sendiri auditor eksternal maka akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit,” ujar Budi.

SNI Award tahun ini akan diberikan kepada perusahaan atau organisasi yang terbagi dalam 10 kategori. "Sebagai proses akhir, dewan juri yang diketuai pakar ekonomi Rhenald Kasali akan menilai dan memutuskan siapa yang berhak menerima Trophy SNI Award peringkat Platinum, Emas, Perak, atau Perunggu," jelasnya.

Melalui SNI Award, diharapkan produsen, konsumen dan masyarakat umum semakin menghargai aspek mutu, dan memahami perlunya berpartisipasi aktif dalam pengembangan dan penggunaan SNI sebagai referensi penyediaan dan permintaan pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com