Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta dan Tangerang Lokasi Favorit Investasi Properti

Kompas.com - 21/03/2017, 20:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.COM - Kota Jakarta dan Tangerang menjadi lokasi favorit para pencari properti di Indonesia, terutama untuk hunian. Demikian berdasarkan hasil survey Property Affordability Sentiment Index kuartal IV 2016 dari Rumah.com.

Rumah.com Property Affordability Sentiment Index merupakan survei tahunan yang dilakukan oleh Rumah.com bekerja sama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura, dengan total 1.030 responden yang dilakukan pada bulan November-Desember 2016.

Hasil riset juga memaparkan bahwa pasokan hunian di Jakarta dan Tangerang mengalami penurunan pada kuartal IV 2016 lalu.

Data ini diperoleh dari Rumah.com Property Market Index berdasarkan perilaku 3,4 juta pengunjung Rumah.com yang mengakses 17 juta halaman properti setiap bulan di Rumah.com.

Wasudewan, Country Manager Rumah.com menjelaskan, minat masyarakat terhadap hunian di wilayah Jakarta dan Tangerang tetap kuat. Namun pasokan hunian di kedua wilayah tersebut ternyata malah menurun pada kuartal IV 2016.

Menurut dia, pada kuartal II dan III tahun 2016 lalu, pasokan hunian di Jakarta tumbuh 5 persen dan 3 persen. Namun pada kuartal IV, pasokan turun sebanyak 8 persen.

Kondisi yang sama juga terjadi di Tangerang, Banten, yang lokasinya berbatasan dengan Jakarta. Pada kuartal II dan III tahun 2016 lalu, pasokan hunian di Tangerang tumbuh 2 persen dan 3 persen. Namun pada kuartal IV 2016, turun sebanyak 6 persen.

"Adanya aksi massa berjumlah besar yang terjadi pada kuartal IV 2016 lalu serta adanya kampanye Pilkada DKI Jakarta dan Banten membuat para penjual properti memilih bersikap wait and see," kata Wasudewan melalui rilis, Selasa (21/3/2017).

Wasudewan menilai kondisi pasokan yang belum tumbuh signifikan mungkin akan terus berlanjut setelah melewati putaran kedua Pilkada DKI di bulan April 2017. Sekaligus, datangnya bulan Ramadhan serta Idul Fitri pada bulan Mei – Juni 2017 mendatang.

Secara umum, Jakarta Selatan menawarkan pasokan hunian paling besar dibanding wilayah lain di ibukota, dengan jumlah sekitar 40 persen.

Disusul Jakarta Barat (21 persen), Jakarta Timur (19 persen), Jakarta Utara (13 persen) dan Jakarta Pusat (6 persen).

"Komposisi ini tidak berubah secara signifikan sepanjang tahun lalu berdasarkan data Rumah.com Property Market Index,” ujarnya.

Pencari properti di wilayah Jakarta dan Tangerang tetap dapat menemukan hunian idaman secara mudah karena Rumah.com dengan fasilitas virtual tour 3 Dimensi. Fitur ini penting bagi mereka yang hanya memiliki waktu dan informasi terbatas tentang lokasi dan properti pilihan mereka.

“Dengan keunggulan teknologi saat ini, calon konsumen properti dari seluruh Indonesia dapat menemukan hunian di wilayah Jakarta atau Tangerang melalui kanal www.rumah.com/perumahan-baru," lanjut Wasudewan.

Berikut 10 besar lokasi favorit pencari properti di Indonesia menurut Rumah.com:
Jakarta
Tangerang
Bekasi
Bandung
Bogor
Depok
Surabaya
Semarang
Medan
Denpasar

 

Kompas TV Generasi Milenial Diprediksi Tak Mampu Beli Rumah?
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com