Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Terus Cetak Rekor Baru, Ini Komentar BEI

Kompas.com - 30/03/2017, 11:35 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk kesekian kalinya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencetak rekor baru. Pada penutupan perdagangan kemarin Rabu (29/3/2017), IHSG ditutup di level 5.592, atau naik 51,3 poin (0,92 persen).

Artinya, sejak awal tahun indeks komposit di Bursa Efek Indonesia (BEI) sudah naik 564,8 poin atau 11,23 persen. Sementara pada awal tahun ini, IHSG di hari pertama perdagangan berakhir di 5.027,704.

Menurut Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Samsul Hidayat, IHSG yang terus mencetak rekor merepresentasikan tingginya kepercayaan investor terhadap perekonomian Indonesia.

Dari pasar modal, investor cukup optimistis dengan membaiknya kinerja sejumlah emiten bursa yang terlihat dari performa laporan keuangan 2016.

"Sebagian besar emiten kita menunjukkan performa yang cukup baik," kata Samsul di Jakarta, Kamis (31/3/2017).

Selain itu, Samsul juga melihat para investor masih memandang BEI masih menjadi salah satu bursa yang memberikan keuntungan atau return tinggi kepada investor dibandingkan bursa-bursa lain di dunia.

"Saya kira tidak banyak bursa di dunia yang bisa memberikan return seperti kita. Dari awal tahun peningkatannya sekitar 6 persenan," kata Samsul.

Transaksi harian juga terdorong dengan kepercayaan investor yang semakin besar. Hingga penghujung kuartal I 2017 ini, rata-rata transaksi harian di bursa tercatat sebesar Rp 7,5 triliun.

Menurut Samsul, nampaknya angka ini tidak jauh berbeda dari periode sama tahun lalu.

"Tetapi tahun kemarin itu kan ada banyak crossing saham, sehingga kalau regulernya tahun lalu sebenarnya sekitar Rp 6,4 triliun," imbuh dia.

Adapun net buy investor asing pada Rabu kemarin tercatat sebesar Rp 932,94 miliar, dan sejak awal tahun tercatat sebesar Rp 8,46 triliun.

(Baca: Pecah Rekor, Kapitalisasi Pasar BEI Tembus Rp 6.000 Triliun)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com