Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asia Dipandang Sebagai Pemenang Pertarungan Perdagangan Global

Kompas.com - 30/03/2017, 14:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Perdagangan global kini diwarnai berbagai macam dinamika. Akan tetapi, siapa sebenarnya yang menjadi pemenang dalam pertarungan perdagangan global saat ini? Riset DBS Research Group memandang, Asia adalah sang pemenang.

Proporsi Asia-10 dalam perdagangan dunia kini mencapai 27 persen, lebih dari dua kali lipat angka perdagangan Amerika Serikat yang mencapai 11 persen.

“Asia telah melampaui AS sejak tahun 1990, ketika keduanya mencatat angka yang sama, yaitu 13 persen dari perdagangan global. Sejak saat itu, kecuali pada saat Krisis Keuangan Asia, angka perdagangan Asia terus meningkat,” tulis DBS Research Group dalam laporan risetnya seperti dikutip Kompas.com, Kamis (29/3/2017).

Adapun angka perdagangan AS sempat naik sesaat, kemudian secara umum menurun. Kelompok negara Asia-10 menjadi kawasan dengan angka perdagangan global tertinggi setelah berhasil menyalip posisi pertama yang sebelumnya dipegang Eropa sejak tahun 2007. Dalam perbandingkan per negara pun Asia tetap memimpin.

China, berhasil mencatat angka 13 persen dalam perdagangan global, diikuti AS pada level 11 persen, Jerman 7 persen, dan Jepang 4 persen.

“Intinya, ketika berbicara mengenai cakupan, maka Asia, dengan China sebagai pusatnya, jelas memiliki jangkauan yang luas. Kini, Asia telah mengalahkan AS dengan perbandingan 27 banding 1 dan diskrepansi ini akan selalu bertambah setiap tahunnya,” jelas DBS Research Group.

Saat ini pun Asia semakin berkurang ketergantungannya pada AS sebagai pasar atau pembeli barang-barang ekspor yang dihasilkannya. Asia pun semakin bergantung pada sesama negara Asia. Hal ini dipandang bukan sesuatu yang mengejutkan.

Pasalnya, selama 25 tahun perekonomian Asia telah tumbuh tiga hingga empat kali lebih cepat. Saat ini, 42 persen dari volume ekspor Asia-10 dijual ke wilayah Asia sendiri. Hanya 15 persen volume ekspor Asia-10 dijual ke AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com