Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Beri Waktu 2 Bulan kepada Lion Air untuk Perbaiki Kinerja

Kompas.com - 03/04/2017, 16:32 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan masa waktu dua bulan kepada maskapai Lion Air untuk memperbaiki kinerja terkait insiden yang terjadi akhir-akhir ini.

Hal ini diputuskan, setelah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu dengan manajemen pihak manajemen Lion Air di Kantor Kemenhub Jakarta, Senin (3/4/2017). 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan, Kemenhub selalu mengedepankan pembinaan kepada semua maskapai termasuk Lion Air agar bisa memenuhi standar minimum.

(Baca juga Hari Ini Menhub Panggil Manajemen Lion Air Terkait Sejumlah Insiden)

Menurut dia, pemberian waktu ini agar Lion Air dapat memperbaiki kinerja dari keseluruhan maskapai, termasuk dari kinerja awak pesawat. 

"Kami tidak memberikan toleransi terhadap keselamatan penerbangan. Kita berikan inspeksi, sebagimana layaknya dia (Lion Air) akan berusaha serius menangani masalah ini ke depannya," ujar Agus di Kantor Kemenhub Jakarta. 

Meski demikian, Agus menuturkan jika dalam jangka waktu tersebut pihak Lion Air tidak mampu memperbaiki kinerja, maka akan diberikan sanksi. Namun sayangnya, dirinya tidak menyebutkan sanksi apa yang akan diberikan oleh Kemenhub kepada Lion Air. 

"Manakala sampai Mei tidak memenuhi maka kita akan berikan punishment sesuai dengan peraturan yang ditetapkan," imbuhnya. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Senin (3/4/2017) memanggil manajemen maskapai Lion Air. Pemanggilan ini untuk meminta penjelasan kepada manajemen Lion Air terkait dengan sejumlah insiden yang merugikan penumpang Lion Air yang terjadi pada akhir bulan Maret 2017. 

Adapun insiden tersebut antara lain, penumpang Lion Air rute Singapura-Jakarta ditransfer ke Johor Bahru di Malaysia. Kemudian, ada juga penumpang yang ditinggal padahal penumpang datang sebelum batas check in.  

Juga terdapat sejumlah delay yang mengakibatkan penumpang menunggu berjam-jam. Terakhir, avtur pesawat Lion Air tumpah di apron Bandara Juanda Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com