Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maret 2017, DKI Jakarta Alami Inflasi 0,05 Persen

Kompas.com - 04/04/2017, 05:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta melaporkan, inflasi indeks harga konsumen (IHK) Ibukota mencapai 0,05 persen secara bulanan (mtm) pada Maret 2017.

Angka ini lebih rendah dibandingkan rata-rata tiga tahun sebelumnya, yakni 0,18 persen (mtm). Dengan demikian, inflasi DKI Jakarta secara tahun kalender mencapai 1,37 persen (ytd).

Terjadinya deflasi pada kelompok bahan makanan mendorong rendahnya inflasi bulan ini sehingga mampu menahan dampak inflasi akibat pencabutan subsidi listrik pelanggan 900 VA tahap II yang diberlakukan pada awal Maret 2017.

"Turunnya harga sebagian besar kelompok volatile food (harga pangan bergejolak) menjadi faktor pendorong rendahnya tekanan inflasi Maret 2017. Turunnya harga pangan terutama bersumber dari harga bumbu-bumbuan," kata Kepala KPw BI DKI Jakarta Doni P Joewono dalam keterangan resmi, Senin (3/4/2017).

Harga cabai merah dan cabai rawit turun 11,06 persen (mtm) dan 12,80 persen (mtm). Adapun harga telur ayam turun 2,11 persen (mtm) dan harga beras turun 0,19 persen (mtm).

Kebijakan pencabutan subsidi listrik 900 VA tahap II pada 1 Maret 2017, hanya sedikit mendorong beberapa komoditas pada kelompok inflasi inti.

Komoditas utama yang terdampak adalah harga kontrak rumah dan sewa rumah, yang masing-masing naik 0,42 persen (mtm) dan 0,11 persen (mtm).

Terjaganya inflasi inti juga didorong turunnya indeks harga emas perhiasan sebesar 0,68 persen (mtm), yang pada bulan sebelumnya naik 3,67 persen (mtm), sejalan dengan penurunan harga emas internasional.

"Memerhatikan berbagai kebijakan pemerintah pada komoditas terkait energi, perkembangan harga-harga dan pantauan terhadap beberapa komoditas di pasar-pasar di Jakarta hingga Maret 2017, inflasi pada April 2017 diperkirakan tetap terjaga," ujar Doni.

Pergerakan harga-harga komoditas internasional, terutama yang dapat memengaruhi dinamika harga-harga domestik akan tetap diwaspadai, agar dapat mengambil langkah-langkah kebijakan yang diperlukan untuk memitigasi pengaruhnya terhadap perkembangan harga-harga secara umum.

(Baca: Di Luar Dugaan, Terjadi Deflasi 0,02 persen Pada Maret 2017)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com