Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Susi yang Gagalkan Masuknya Kapal China Bawa Jaring Sepanjang 399 KM

Kompas.com - 06/04/2017, 22:42 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti mengungkapkan pihaknya pernah menggagalkan datangnya 1.000 kapal tangkap ikan asal China.

Dari 1.000 kapal tersebut, satu kapal memiliki jaring tangkap ikan sepanjang 399 Kilometer (KM).

"Bayangkan, jika 1.000 kapal super purse seine rata-ratanya mulai dari 800 sampai 1.000 GT lebih dengan jaringnya yang mungkin seperti Viking, ngeri. Jakarta Semarang satu kapal, nyamuk pun akan terangkat semua sama dia," kata Susi di rumah dinasnya kawasan Widya Chandra, Jakarta, Kamis (6/4/2017).

Menurut Susi, serbuan kapal-kapal tersebut sama sekali tidak memberi manfaat bagi kelangsungan sumber daya perikanan yang ada di perairan Tanah Air.

"Apa keuntungannya untuk memiliki super purse seine di sini? Hanya menghabiskan sumber daya kita," ucap Susi.

Susi mengkhawatirkan, jika kapal-kapal asal China tersebut datang ke Indonesia, kelangsungan perikanan Indonesia nantinya hanya tinggal kenangan dan tidak ada lagi yang ikan yang bisa dimanfaatkan bagi generasi penerus.

"Bukan itu yang ingin kita tuju, kita ingin perikanan kita tumbuh tetapi berkelanjutan," papar Susi.

Dengan aksinya tersebut, Susi pernah "diserang" sejumlah anggota DPR yang kala itu mendukung rencana China berinvestasi dengan mendatangkan kapal-kapal dengan jaring sepanjang 399 Km tersebut.

"Ada banyak orang yang tidak suka, contohnya anggota dewan, dia dulu di dalam sidang DPR menyalahkan saya karena menggagalkan kerjasama Superpurse seine yang akan datang 1.000 biji dari China," ucap Susi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com