Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KKP Gandeng FAO Kembangkan Pakan Mandiri Budidaya Ikan

Kompas.com - 07/04/2017, 18:44 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (Food and Agriculture Organization/FAO) dalam mengembangkan pakan mandiri untuk perikanan di Indonesia.  

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto mengatakan, dalam kerja sama ini FAO sepakat mengalokasikan bantuan untuk proyek pakan mandiri senilai Rp 3,25 miliar. 

Menurut dia, terdapat empat fokus dalam kerja sama ini yakni pertama penyediaan informasi dasar terkait ketersediaan suplai bahan baku, kebutuhan nutrisi, jenis, dan formulasi pakan khususnya untuk pakan ikan patin di Indonesia. Kedua, pemanfaatan varian bahan baku pakan ikan lokal yang potensial dimanfaatkan. 

"Ketiga, perbaikan formulasi dan kualitas pakan ikan yang diproduksi kelompok Gerpari. Keempat, optimalisasi strategi farm feed management," ujar Slamet dalam keterangannya, Jumat (7/4/2017). 

Slamet menuturkan, untuk tahap awal kerja sama ini akan dilakukan percontohan pembuatan pakan mandiri dan percontohan penggunaan pakan mandiri disertai dengan cara pemberian pakan yang baik 

"Percontohan ini akan dilakukan dengan cara melibatkan 30-40 orang pembudidaya dengan mekanisme cost sharing, dan diharapkan akan menjadi model rujukan bagi pengelolaan pakan mandiri di berbagai daerah di Indonesia," tuturnya. 

Sementara itu, Kepala Regional FAO Asia Pasifik Weimin Miao mengapresiasi KKP karena memperhatikan isu penting dan strategis dalam mata rantai produksi budidaya yaitu terkait pakan.

Miao mengatakan, bersama KKP, pihaknya akan memonitor implementasi pengembangan pakan mandiri di Indonesia. 

"FAO mendukung penuh usaha pemerintah Indonesia dalam mencapai kemandirian pakan, sehingga, keberhasilan pengembangan pakan mandiri di Indonesia dapat menjadi rujukan tersendiri di level Asia Pasifik, terlebih saat ini Indonesa menjadi negara pertama di dunia yang memberikan perhatian terhadap kemandirian pakan ikan yang dilaksanakan masyarakat," tandasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com