Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Peroleh Peringkat "Investment Grade" dari Moody's

Kompas.com - 07/04/2017, 19:32 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga pemeringkat internasional Moody’s Investor Service (Moody's) menaikkan peringkat PT Pertamina sebagai BUMN yang layak investasi (investment grade).

Dengan peringkat ini, investor tidak perlu ragu membenamkan modalnya di Pertamina. Sebab, Moody's menilai Pertamina memiliki kinerja dan prospek finansial cukup baik. Sebelumnya Moody’s menempatkan Pertamina dalam non investment grade.

Mengutip siaran pers Moody’s, kenaikan Baseline Credit Assessment (BCA) Pertamina disokong oleh kemampuan perseroan meningkatkan kinerja keuangan di tengah industri minyak dan gas yang belum sepenuhnya pulih, akibat lesunya harga minyak dunia.

Moody’s melihat pendapatan sebelum pajak, bunga, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) yang naik 47 persen pada 2016. Capaian tersebut didorong kenaikan produksi hingga tujuh persen, dan efisiensi bisnis.

"Peningkatan peringkat ini kami harap bisa mendukung Pertamina menghadapi tantangan ke depan, terutama dalam memenuhi kebutuhan pendanaan untuk merealisasikan proyek-proyek besar yang sedang dan akan dijalankan,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, melalui keterangan tertulis, Jumat (7/4/2017).

Moody's menaikkan peringkat Pertamina dari Ba1 ke Baa3. Peringkat Baa3 pada BCA tersebut menempatkan posisi Pertamina dalam posisi investment grade.

Sebagai informasi, peringkat kredit merupakan indikator yang merefleksikan tingkat risiko investasi di perusahaan. Peringkat ini biasanya menjadi acuan bagi para investor untuk mengambil keputusan menanamkan investasinya ke perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com