Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Cek Kesiapan Tanjung Priok Disandari Kapal Berkapasitas 9.000 TEUs

Kompas.com - 09/04/2017, 15:06 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Minggu (9/4/2017), mengunjungi Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Kunjungannya kali ini untuk memeriksa kesiapan dan kemampuan Pelabuhan Tanjung Priok dalam menerima kapal berkapasitas 9.000 TEUs.

Budi Karya Sumadi mengatakan, datangnya kapal dengan kapasitas tersebut merupakan prestasi tersendiri. Sebab, kata dia, baru pertama kali kapal dengan kapasitas 9.000 TEUs dapat bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok. Selama ini, hanya kapal berkapasitas 3.000 TEUs yang bersandar di pelabuhan tersebut.

"Kita bangga dengan kegiatan ini. Dan tidak mudah untuk mengatur kegiatan. Apabila ini dilakukan maka kebanggaan kita efisiensi kita dan produktivita kita meningkat," ujar Budi Karya.

Adapun kapal berkapasitas besar yang bersandar berasal dari perusahaan pelayaran asal Perancis, Compagnie Maritime d'Affretement Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM).

Saat ini, PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) telah menghadirkan kapal dari CMA-CGM dengan kapasitas 8.500 TEUs. Kapal ini akan melayani kegiatan ekspor-impor dengan rute Pelabuhan Tanjung Priok ke West Coast, Los Angeles, Amerika Serikat.

Jumlah bongkar muat perdana untuk diangkut ke Amerika Serikat adalah sebanyak 2.300 TEUs.

Budi Karya menuturkan, adanya kapal berkapasitas besar dapat mengefisiensi biaya logistik. Karena, kini Pelabuhan Tanjung Priok dapat menjadi hub internasional.

Artinya, dengan menjadi hub akan terjadi konsolidasi kargo di Pelabuhan Tanjung Priok. Dengan adanya konsolidasi kargo di Tanjung Priok, maka kegiatan ekspor-impor dari berbagai daerah tidak perlu melalui Singapura.

Selama ini, konsolidasi kargo kegiatan ekspor dari berbagai daerah Indonesia dilakukan di Singapura.

"Kita akan efisienkan rupiah-rupiah yang tercecer di sini, supaya pengangkutan menjadi lebih murah. Ini juga agar transhipment di Tanjung Priok ini meningkat," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com