Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah Showroom, Bintraco Incar Penjualan 31.000 Unit Toyota

Kompas.com - 10/04/2017, 12:52 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Distributor resmi Toyota, PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk (CARS) yang memiliki diler Nasmoco menargetkan penjualan mobil tahun ini hingga 31.000 unit, atau tumbuh 13 persen dibandingkan pencapaian 2016.

Direktur Utama Bintraco Sebastian Harno Budi mengatakan, kenaikan penjualan tersebut didorong oleh rencana penambahan dua showroom diler resmi Toyota, di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain itu, Bintraco juga akan menambah lima outlet pembiayaan Andalan Finance.

"Yang mendorong penjualan tahun ini, secara umum pertumbuhan ekonomi lebih membaik dibandingkan tahun lalu. Pasar penjualan mobil juga naik. Market share Toyota juga naik," kata Sebastian ditemui usai pencatatan saham perdana CARS di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (10/4/2017).

Saat ini Bintraco memiliki 22 diler resmi Toyota di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan jumlah outlet Andalan Finance mencapai 37 titik.

Investasi yang dibutuhkan untuk penambahan showroom dan outlet tersebut tahun ini antara Rp 100-Rp 110 miliar. Sebagian kebutuhan investasi akan dipenuhi dari perolehan penawaran umum saham perdana, dan sebagian lagi dari cash flow internal.

"Secara nominal, sales kita harapkan mencapai Rp 6 triliun. Tahun 2016, sekitar Rp 5 triliun sekian," imbuh Sebastian.

Bintraco menjadi emiten kedua yang mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia. Jumlah saham yang ditawarkan sebanyak 150 juta saham atau 10 persen dari modal ditempatkan.

Harga penawarannya Rp 1.750. Penawaranam perdana Bintraco mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) 1,3 kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com