Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Investasi Rp 5.293 Triliun Agar Pertumbuhan Ekonomi 5,6 Persen

Kompas.com - 11/04/2017, 20:34 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memang menargetkan laju pertumbuhan ekonomi nasional ada dikisaran 5,4-6,1 persen pada 2018.

Namun angka pasti yang diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni 5,6 persen. Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi setinggi itu, pemerintah memastikan akan menggenjot investasi.

Berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2018, kebutuhan dananya mencapai Rp 5.293 triliun.

“Penyusunan RKP 2018 dilakukan menggunakan prinsip money follows program yang dilaksanakan dengan pendekatan tematik, holistik, integratif, dan spasial," kata Kepala Bappenas Bambang Bojonegoro dalam keterangan pers, Jakarta, Selasa (11/4/2017).

Pemerintah menyampaikan akan berupaya untuk berinvestasi secara selektif dan memfasilitasi kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi pada 2018. Terutama ke enam sektor unggulan.

Enam sektor tersebut memiliki sumbangan terbesar terhadap pertumbuhan yaitu industri pengolahan, informasi dan komunikasi, pertanian, konstruksi, jasa keuangan, dan perdagangan.

Namun pemerintah menetapkan tiga sektor prioritas yang akan ditingkatkan perannya yakni industri pengolahan, pariwisata, dan pertanian. Selain itu, konsumsi juga tetap akan menjadi tumpukan utama pendorong pertumbuhan ekonomi.

Sementara kebijakan prioritas nasional penanggulangan kemiskinan fokus akan fokus kepada jaminan dan bantuan sosial tepat sasaran.

Diantaranya meliputi Program Keluarga Harapan bagi 6juta keluarga termiskin, rastra/bantuan pangan non-tunai, bantuan iuran kesehatan bagi 94.4 juta penduduk miskin dan rentan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com