Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wall Street Tertekan Komentar Trump atas Dollar AS

Kompas.com - 13/04/2017, 07:08 WIB
Bambang P. Jatmiko

Penulis

Sumber Reuters

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa AS ditutup melemah di akhir perdagangan Rabu waktu setempat atau Kamis (13/4/2017) dini hari. Bahkan indeks S&P 500 ditutup melemah di bawah level teknikal untuk pertama kalinya sejak Pilpres AS digelar.

Pelemahan Wall Street disebabkan oleh memanasnya kondisi geopolitik serta komen Donald Trump terhadap dollar AS serta suku bunga pinjaman.

Dalam komentarnya yang dimuat oleh Wall Street Journal, Trump mengatakan bahwa dollar AS telah terlalu kuat serta berharap suku bunga pinjaman AS tetap rendah.

Indeks Dow Jones ditutup melemah 59,44 poin atau 0,29 persen ke level 20.591,86. Sementara itu indeks S&P 500 kehilangan 8,85 poin atau 0,38 persen menjadi 2.344,93 dan indeks Nasdaq melemah 30,61 poin atau 0,52 persen ke posisi 5.836,16.

Dollar AS yang bergerak menguat berbarengan dengan naiknya suku bunga acuan di AS telah menekan keuntungan perusahaan multinasional yang berbasis di AS.

"Pasar tidak senang dengan ketidakpastian," ujar CEO Chase Investment Counsel Peter Tuz, di Charlottesville, Virginia.

"Kondisi ini semakin menambah ketidakpastian, dan memunculkan pertanyaan apakah akan muncul kebijakan untuk menjaga dollar AS tetap rendah?" lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com