Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani: Anda Telah Berutang ke Negara, Anda Wajib Memahami Persoalan Negara

Kompas.com - 17/04/2017, 10:55 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi pembicara dalam acara kuliah umum di Politeknik Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN), Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Senin (17/4/2017).

Adapun dalam acara tersebut Sri Mulyani membawakan materi dengan tema "Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang sehat untuk kesejahteraan rakyat" di hadapan ribuan mahasiswa Politenik STAN.

Turut hadir dalam kuliah umum tersebut sejumlah jajarab pejabat eselon I dan eselon II dari Kementerian Keuangan.

Ani, sapaan akrab Sri Mulyani mengatakan, dirinya menganggap penting membahas perkembangan ekonomi dan APBN dengan generasi muda khususnya mahasiwa Politeknik STAN.

"Ini adalah satu satunya (kampus) yang saya meminta hadir, bukan diundang, karena ini merupakan kampus yang mendidik orang-orang penting yang bakal menentukan bangsa, dan anda-anda (mahasiswa) semua orang yang begitu penting untuk APBN di masa depan," papar Ani.

Menurut dia, hal itu menjadi penting karena ke depan mahasiwa dan mahasiswi dari Politeknik STAN akan menduduki jabatan penting di berbagai lembaga negara.

"Anda-anda inilah yang akan masuk ke Kementerian Keuangan atau lembaga negara yang lain. Dengan itu, Anda sudah berutang pada negara, dan Anda wajib memiliki pemahaman terkait perkembangan ekonomi negara," jelas Ani.

Adapun dalam kuliah umum tersebut, Ani mebawakan lima poin penting terkait perekonomian di Indonesia.

"Hari ini saya akan membawakan lima poin utama, pertama, perkembangan ekonomi terkini, pengertian dan filosofi APBN, kebijakan fiskal dan APBN, kemudian APBN 2016 dan APBNP 2017, terakhir reformasi struktural," papar Ani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com