Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNI dan Polri Luncurkan Kartu Promoter

Kompas.com - 17/04/2017, 20:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Republik Indonesia menggandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk menerbitkan satu paket kartu Promoter.

Dengan Kartu BNI Polri Promoter ini, anggota Polri dapat memiliki beragam kartu BNI, kali ini sudah siap dengan Kartu Debit BNI dengan desain khusus.

Ke depan, tak tertutup kemungkinan disiapkan juga Kartu BNI TapCash dan Kartu Kredit BNI. Promoter sendiri merupakan kependekan dari Profesional, Modern, dan Terpercaya.

"Kerja sama Kartu BNI Polri Promoter ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program Pemerintah dan Bank Indonesia yang tengah mengampanyekan Program Cashless Society yaitu Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT)," kata Direktur Hubungan Kelembagaan & Transaksi Perbankan BNI Adi Sulistyowati dalam pernyataan resmi, Senin (17/4/2017).

BNI berkomitmen untuk menindaklanjuti program tersebut dengan proaktif memberikan sosialisasi serta menawarkan berbagai fasilitas perbankan untuk transaksi non tunai kepada masyarakat,termasuk pada jajaran Polri.

“Ini yang melandasi BNI untuk ambil bagian dalam upaya-upaya meningkatkan transaksi non cash di Tanah Air," jelas Adi.

Adi mengungkapkan, pihaknya berharap kontribusi BNI dalam mendukung Penerbitan Kartu BNI Polri Promoter ini dapat mengubah habit bertransaksi secara cash atau tunai menjadi cashless atau non tunai, sekaligus menjadikan BNI sebagai Bank Pertama yang mendukung dan Mensosialisasikan Program utama Kapolri yaitu Promoter.

Kerja sama ini akan semakin melengkapi layanan yang diberikan BNI kepada Polri, karena sebelumnya terdapat berbagai kerja sama lain yang juga secara khusus hanya disiapkan untuk anggota Polri, antara lain penerbitan Kartu Tanda Anggota Elektronik (E-KTA) Polri yang digunakan untuk menampung gaji dan berfungsi sebagai Kartu Debit atau ATM.

Sementara itu, dengan penerbitan Kartu Promoter ini, anggota Polri terutama di lingkungan Markas Besar Polri yang memiliki Kartu Debit Co Branding Promoter dapat memanfaatkannya sebagai penyimpanan dana Tunjangan Kinerja, sehingga pengelolaan keuangannya menjadi lebih baik.

“Saat ini, penyaluran tunjangan kinerja Polri yang sudah melalui rekening BNI sekitar 35.000 anggota, sehingga masih terbuka potensi kerja sama yang lebih luas dengan anggota Polri lainnya,” ujar Adi.

Area pengembangan lainnya adalah kerja sama layanan perbankan untuk unit Korps Polisi Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Layanan BNI dapat memudahkan Korlantas Polri dalam mengelola dana dari berbagai pos-pos anggaran baru Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), seperti pembayaran Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) Online, penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), serta pengelolaan dana dari setoran E-Tilang.

"Layanan BNI juga dapat diberikan kepada jajaran anggota Korlantas Mabes Polri dalam bentuk transaksional perbankan," tutur Adi.

(Baca: Gara-gara Tunggakan Kredit Trikomsel, Kredit Bermasalah di BNI Naik )

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com