Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Menteri Rini Copot Arif Wibowo Sebagai Dirut Garuda

Kompas.com - 18/04/2017, 14:12 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menilai, kinerja yang dicapai PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk saat dipimpin oleh Arif Wibowo belum maksimal dalam berkompetisi baik di lingkup nasional maupun global.

Sehingga, Menteri Rini bersama para pemegang saham mayoritas melalui rapat umum pemegang saham (RUPS) memutuskan untuk mengganti Arif Wibowo dengan Pahala N Mansury.

(Baca: Ini Alasan Pahala N Mansury Ditunjuk Jadi Dirut Garuda Indonesia)

"Menurut saya, ada hal yang saya melihat masih perlu diperkuat," kata Menteri Rini di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (18/4/2017).

Dengan diangkatnya mantan Direktur Keuangan dan Treasury PT Bank Mandiri (Persero) Tbk ini, Menteri Rini berharap Garuda Indonesia bisa melakukan restrukturisasi secara menyeluruh, baik dari segi operasional maupun keuangan. Terutama, terkait sinergi dengan anak usaha perusahaan pelat merah tersebut.

(Baca: Pahala N Mansury Diberikan Waktu 12 Bulan Perbaiki Kinerja Garuda )

"Bagaimana ke depan kompetitor kita mereka menjualnya dengan paket. Bukan hanya tiket pesawat, tapi juga hotelnya, transportasi daratnya. Nah, ini yang secara sistem mau kami perbaiki di sana," tutur Menteri Rini.

Seperti diketahui, melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perseroan melakukan perombakan direksi, salah satunya posisi Direktur Utama. Selain itu, Garuda Indonesia juga mengangkat enam orang direksi lainnya dalam RUPS.

(Baca: Manajemen Baru Garuda Indonesia, Posisi Direktur Operasi Dihilangkan)

Melalui RUPS tersebut, Pahala N Mansury diangkat sebagai Direktur Utama, Helmi Imam Satriyono sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko, Nicodemus P Lampe sebagai Direktur Layanan, Puji Nur Handayani sebagai Direktur Produksi, Nina Sulistyowati sebagai Direktur Marketing dan Teknologi Informasi, Linggarsari Soeharso sebagai Direktur SDM dan Umum, dan Sigit Muhartono sebagai Direktur Kargo.

Kompas TV Direktur keuangan Bank Mandiri, Pahala Mansury ditunjuk pemerintah menjadi Direktur Utama Garuda Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com