Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin Berharap Investasi AS di Indonesia Tak Hanya Migas

Kompas.com - 21/04/2017, 13:30 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto berharap investasi Amerika Serikat (AS) di Indonesia tak hanya ditanamkan pada sektor minyak dan gas.

“Kami harap ke depannya, Amerika Serikat dapat berinvestasi juga di sektor-sektor lain, selain migas,” papar Airlangga usai acara Indonesia Summit 2017 di Shangri-La Hotel, Jakarta.

Menanggapi tentang kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Michael Richard Pence ke Indonesia untuk menemui Presiden Joko Widodo, Menperin Airlangga berharap hubungan bilateral khususnya di sektor perekonomian dapat terus diperkuat, termasuk kegiatan ekspor Indonesia ke AS.

Termasuk, lanjut Airlangga, kunjungan kenegaraan tersebut bisa lebih meningkatkan kerja sama dan investasi di sektor industri.

"Selama ini neraca dagang kita dengan AS positif. Kami mendorong mereka agar tertarik berinvestasi di sektor industri pembangkit listrik, kemudian industri digital, dan industri consumer product," sebutnya. 

Menurutnya, sektor-sektor yang cukup berkembang di Indonesia itu merupakan peluang bagi AS meningkatkan investasinya di Indonesia.

Di sisi lain, Indonesia masih membutuhkan transfer teknologi dari negeri Paman Sam tersebut. “Kami juga mendorong bahwa apa yang diproduksi di Indonesia tidak diproduksi di AS, dalam arti complimentary. Ekspor kita ke AS banyak di tekstil dan sepatu,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com