Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pupuk Modal, CIMB Niaga Tak Bagikan Dividen

Kompas.com - 25/04/2017, 22:00 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menyetujui tidak ada pembagian dividen untuk tahun buku 2016.

Dengan demikian, seluruh laba bersih 2016 yang sebesar Rp 2,08 triliun akan digunakan untuk memupuk modal.

Setidaknya sudah tiga kali sejak RUPST 2015 CIMB Niaga tidak membagikan dividen. RUPST CIMB Niaga 2016 memutuskan tidak ada pembagian dividen dari laba bersih 2015 yang sebesar Rp 427,9 miliar. Demikian juga dengan RUPST 2015, tidak ada pembagian dividen dari laba bersih tahun 2014 yang sebesar Rp 2,3 triliun.

Menurut Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan, keputusan ini didasarkan oleh pertimbangan perseroan untuk memupuk permodalan. Dengan demikian CIMB Niaga menjadi semakin kuat, kokoh, dan aman untuk para nasabah.

"(Tetapi) Ke depan kami akan memperhatikan kondisi pasar, kondisi keuangan, dan kinerja perusahaan untuk melihat waktu yang tepat kapan (bisa) membagikan dividen," kata Tigor di Jakarta, Selasa (25/4/2017).

Selain menyepakati tidak ada pembagian dividen, RUPST CIMB Niaga juga melaporkan penggunaan dana hasil penawaran umum berkelanjutan II tahap I 2016 sebesar Rp 1 triliun untuk ekspansi kredit.

Tigor berharap pada tahun ini porsi segmen konsumer dan UKM dalam portofolio kredit bisa meningkat. Per akhir Desember, porsi kedua segmen mencapai 48 persen dari total penyaluran kredit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com