Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Infrastruktur, Trump Tiru Australia

Kompas.com - 26/04/2017, 07:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Bloomberg

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menganggarkan 1 triliun dollar AS untuk program pengembangan infrastruktur. Dalam menjalankan programnya itu, Trump memilih Australia sebagai contoh.

Pimpinan Gugus Tugas Infrastruktur Gedung Putih Steven Roth menyatakan, pemerintahan Trump mencermati model yang diterapkan Australia dalam pembiayaan proyek infrastruktur seperti jalan raya, jembatan, dan proyek publik lainnya.

Negara tetangga Indonesia itu bergantung pada kemitraan swasta-pemerintah (PPP) untuk perbaikan infrastruktur.

"Semangatnya adalah pemerintah memasang target dan (sifatnya) birokratis. Sementara itu, sektor swasta lebih memiliki semangat wirausaha dan efisien," kata Roth seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (25/4/2017).

Sementara itu, Menteri Transportasi AS Elaine Chao menyatakan pemerintahan Trump tinggal selangkah lagi dalam menyelesaikan paket legislatif untuk mendorong program infrastruktur. Paket itu akan selesai dalam beberapa bulan.

"Rencana ini akan bergantung pada pembiayaan pemerintah dan kerja sama swasta dan pemerintah. Pembiayaan juga bisa berasal dari repatriasi pendapatan dari luar negeri yang direncanakan dalam legislasi pajak yang akan diluncurkan," jelas Chao.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com