Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Tantang Jajarannya Berpikir Tajam Layaknya Kartini

Kompas.com - 28/04/2017, 15:38 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak habis kekaguman Menteri Keuangan akan sosok Kartini. Bagi perempuan 54 tahun itu, Kartini adalah perempuan dengan konsep pemikiran yang luar biasa tajam dan dalam.

Menurut Sri Mulyani, hal itu bisa diketahui dari surat-surat yang ditulis Kartini. Salah satunya mengenai kondisi anak-anak Jawa pada masa penjajahan Hindia Belanda dulu.

"Saya membayangkan, anak jawa yang kurus kecil tapi dia harus bekerja keras menjual rumput dan itu menyentuh hatinya (Kartini)," ujarnya dalam acara Peringatan Hari Kartini di Jakarta, Jumat (28/4/2017).

Menurut Sri Mulyani, ketajaman pemikiran Kartini yang tertuang di dalam surat-suratnya lahir karena sensitivitas akan kondisi sosial ekonomi.

Ia ingin jajarannya juga memilki rasa itu sehingga mau berbuat lebih baik untuk masyarakat. Bahkan, perempuan yang kerap disapa Ani itu menantang jajarannya untuk lebih berpikir tajam, radikal atau mendalam layaknya Kartini.

Namun pemikiran itu dituangkan ke dalam konsepsi penganggaran belanja negara yang lebih efektif untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Coba dengarkan surat Kartini, seorang perempuan yang memiliki konsep luar biasa tajam dan dalam," kata Sri Mulyani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com